Header AD

intro ads

Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 2)




35. Ba Gua Rumah
Metode delapan rumah (Eight Mansions/Ba Gua), tidak hanya diberlakukan atas diri seseorang. Rumah pun memiliki Kua, yang dilihat dari arah duduk-nya (bukan arah hadap). Misalnya sebuah rumah menghadap Utara, berarti rumah tersebut memiliki Trigram Li, dengan angka kua 9. Dari kua tersebut, bisa dipetakan ke-8 jenis Chi dalam rumah tersebut (sheng chi, yan nian, tian yi, fu wei, ho hai, wu gui, liu sha, jue ming).


36. Tabel Arah Hadap
Sejauh ini, pembaca Suara Merdeka yang mengirimkan surat konsultasi feng shui, menginformasikan arah hadap bangunan/ rumah nya, hanya dengan menyebutkan Barat, Timur, Utara, atau Selatan. Sebenarnya analisis feng shui akan bisa lebih tajam lagi dilakukan jika arah hadap diketahui sektornya. Berikut adalah tabel arah hadap per sektor:

Arah Nama Derajat
Selatan 1 Ren 157,5 - 172,5
Selatan 2 Zi 172,5 - 187,5
Selatan 3 Gui 187,5 - 202,5
Barat Daya 1 Chou 202,5 - 217,5
Barat Daya 2 Ken 217,5 - 232,5
Barat Daya 3 Yin 232,5 - 247,5
Barat 1 Jia 247,5 - 262,5
Barat 2 Mao 262,5 - 277,5
Barat 3 Yi 277,5 - 292,5
Barat Laut 1 Chen 292,5 - 307,5
Barat Laut 2 Sun 307-5 - 322,5
Barat Laut 3 Si 322,5 - 337,5
  
Arah Nama Derajat
Utara 1 Bing 337,5 - 352,5
Utara 2 Wu 352,5 - 7,5
Utara 3 Ting 7,5 - 22,5
Timur Laut 1 Wei 22,5 - 37,5
Timur Laut 2 Kun 37,5 - 52,5
Timur Laut 3 Shen 52,5 - 67,5
Timur 1 Geng 67,5 - 82,5
Timur 2 You 82,5 - 97,5
Timur 3 Xin 97,5 - 112,5
Tenggara 1 Xu 112,5 - 127,5
Tenggara 2 Chien 127,5 - 142,5
Tenggara 2 Hai 142,5 - 157,5
     

37. Wang Shan Wang Shui
Merupakan terminologi dalam feng shui bintang terbang, artinya formasi energi dimana sektor arah hadap bangunan mendapatkan bintang air periode yang berkuasa (sekarang ini bintang 8), dan sektor arah duduk bangunan (di bagian belakang), mendapatkan bintang duduk periode yang berkuasa (bintang 8). Formasi ini sangat bagus, karena akan menunjang kemakmuran dan keharmonisan rumah tangga.


38. Gunung-Air Terbalik (Shang Shan Sia Shui)
Merupakan istilah dalam feng shui bintang terbang, yang menunjukkan formasi bintang penguasa (8 untuk periode 8) yang terbalik. Artinya, bintang air bintang penguasa terletak di arah duduk rumah, sementara bintang gunung terletak di arah hadap (depan rumah). Di sektor belakang rumah perlu ditempatkan air, serta usahakan membuat pintu belakang dengan daun pintu ke dalam, serta ukuran lebih lebar dibanding pintu depan (utama). Selain itu, di sektor depan, bintang gunung periode tersebut perlu dioptimalkan dengan menempatkan sesuatu yang statis dan tinggi. Yang paling ideal adalah pohon, dengan catatan jangan terletak persis di depan pintu (akan menciptakan sha chi) 


39. Dua Bintang Menghadap (Shuang Xing Dou Shiang)
Masih merupakan terminologi dalam feng shui bintang terbang, dimana baik bintang air maupun bintang gunung penguasa berada di sektor depan rumah (arah hadap). Dalam bahasa sehari-hari, sering disebut dengan double 8 (untuk periode 8), double 7 (untuk periode 7). Formasi ini, baik untuk menunjang kemakmuran (kemajuan finansial) penghuni, namun berpotensi mengganggu keharmonisan rumah tangga. Untuk itu, perlu ditempatkan air di sektor tersebut (kolam ikan, air mancur), serta sesuatu yang tenang dan tinggi (pohon). Jadi, jangan terburu-buru mengganggap pohon di depan rumah sebagai sesuatu yang buruk.


40. Kuntum Bunga Persik (Tau Hua Yun)
Disebut juga dengan metode Kuntum Bunga Persik. Digunakan untuk meningkatkan keberuntungan cinta seseorang, melalui penempatan bunga segar di sektor tertentu. Hal ini diperlukan jika seseorang belum juga mendapatkan jodoh. Perhitungannya didasarkan pada elemen cabang bumi (shio tahun) seseorang. Sebaiknya penempatan bunga diprioritaskan di dalam kamar yang bersangkutan. Karena, jika ditempatkan di luar kamar, dimana rumah tersebut dihuni oleh beberapa keluarga, dikhawatirkan dapat mengaktifkan kuntum bunga persik mereka (jika bertepatan dengan shio tahun-nya). Lokasi penempatan bunga segar di sektor Selatan adalah untuk shio tahun Kerbau, Ular, Ayam. Utara: Kelinci, Kambing, Babi. Timur: Macan, Kuda, Anjing. Barat: Tikus, Naga, Monyet. 


41. Water Feng Shui
Merupakan sebuah pendekatan feng shui yang memanfaatkan media air (baik air secara fisik maupun simbolis), guna meningkatkan keberuntungan. Ada dua metode penempatan, pertama adalah peletakan air di tempat-tempat tertentu (teori Ling Shen dan Zhao Shen), yang kedua adalah pengaturan aliran air (San He)


42. Si Chi 
Merupakan energi yang buruk, sama halnya dengan Sha Chi. Meskipun demikian, terdapat perbedaan yang mendasar. Sha Chi merupakan energi buruk yang disebabkan oleh benda fisik, seperti pohon berdahan keras/tajam, sudut bangunan, jalan (tusuk sate), dan lain-lain. Sementara Si Chi (disebut juga low energy), disebabkan oleh peristiwa (yang buruk) masa lalu, seperti tempat pembantaian, kecelakaan/tragedi/musibah terus menerus, tanah bekas kuburan. Karena tidak kasat mata, ada tidak nya Si Chi sulit dideteksi, kecuali melakukan investigasi terhadap latar belakang bangunan/tanah. Bisa jadi sebuah bangunan memiliki Chi yang baik, namun tetap saja tidak memberikan keberuntungan bagi penghuninya karena Chi nya sangat lemah (Si Chi).


43.Chi Lin
Disebut juga Dragon Horse atau Chinese Unicorn. Merupakan patung naga yang berkepala kuda. Digunakan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kemakmuran pemiliknya. Tidak semua master feng shui menggunakan Chi Lin dalam remidi feng shui bangunan, karena dipandang penempatan benda seperti ini merupakan aliran feng shui kontemporer, bukan feng shui klasik.


44. The Dragon Of The Mountain Falls To The Water
Merupakan istilah dalam feng shui bintang terbang, dimana bintang gunung yang tepat waktu (timely), berada di sektor aktif (pintu utama). Keadaan ini akan mengganggu kondisi kesehatan para penghuninya. Terutama penghuni yang memiliki ba zi (pilar kehidupan) yang tidak baik. Misalnya pada periode 8 (2004-2023) , pintu utama terletak di sektor 8*2*6, bintan gunung 8 dikatakan timely. Namun karena letaknya di daerah aktif, maka energi yang baik tersebut rusak, sehingga mengganggu keharmonisan keluarga (relationship, kesehatan). 


45. The Dragon Of The Water Goes To The Mountain
Masih merupakan terminologi dalam feng shui bintang terbang, dimana bintang air yang tepat waktu (timely) yang seharusnya aktif, berada di sektor pasif (kamar tidur). Situasi ini menggambarkan energi rumah tidak mendukung kemakmuran penghuninya. Misalnya sektor 3*2*8 ditempati kamar tidur/gudang, maka bintang air 8 mati (sia-sia). Sehingga kemakmuran penghuni akan terganggu. 


46. Ling Shen
Merupakan teori feng shui air (water feng shui), yang membahas tentang peletakkan air yang tepat sesuai dengan periode yang berlaku, guna meningkatkan keberuntungan sebuah bangunan (rumah/ kantor). Perhitungan dalam teori ini, didasarkan pada angka Ba Gua langit kemudian (Later Ba Gua). Sekarang ini masuk pada periode 8 (2004-2023), sektor Ling Shen adalah Barat Daya. Sehingga untuk tingkatkan kemakmuran, sektor Barat Daya sebaiknya ditempatkan air (kolam). Namun, penempatan air teori Ling Shen ini, tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan air berdasarkan bintang terbang (flying star)nya. Dengan kata lain, jika menurut bintang terbang sektor Barat Daya tidak baik ditempatkan air, maka sebaiknya tidak dilakukan. 


47. Zhao Shen
Merupakan teori feng shui air, yang menggunakan angka Ba Gua Langit Kemudian (later) dan formasi angka He Tu. Tahun 2008 ini masuk dalam periode ke 8, yang dalam angka He Tu berpasangan dengan 3. Angka 3 ini di Ba Gua Langit Kemudian, menunjukkan arah Timur. Sehingga, jika mengacu pada teori zhao shen ini, peletakkan air yang menguntungkan adalah di sektor Timur. Sama halnya dengan Ling Shen, penempatan air boleh dilakukan sejauh tidak bertentangan dengan bagan geomansi bintang terbangnya. 


48. San He
Merupakan teori feng shui air, yang menggunakan 24 arah mata angin. Berbeda dengan Ling Shen dan Zhao Shen, San He ini tidak sekedar menentukan posisi/letak air di suatu tempat. San He mengatur aliran masuk dan aliran keluar. Langkah awal adalah dengan mengelompokkan ke 24 arah mata angin menjadi 12, yang merefleksikan 12 tahap kehidupan manusia. 


49. Yang Chi
Merupakan istilah dalam feng shui yang penerapannya dilakukan terhadap pemukiman (perumahan) bagi orang yang hidup. Kelompok makrokosmik mencakup negara, kota, perumahan. Kelompok mikrokosmik mencakup tata letak bangunan (kamar, pintu masuk, dapur, dan lain-lain) 


50. Yin Chi
Merupakan penerapan feng shui untuk pemukiman bagi orang yang mati (makam/lokasi leluhur). Kelompok makrokosmik meliputi makam raja-raja, kuil marga, makam. Sementara itu, mikrokosmik merupakan pengaturan secara individual, maka sama halnya dengan yang chi,. Dalam hal ini, mikrokosmik yin chi merupakan pengaturan makam secara individual. 


51. Missing Sector/Sektor yang Hilang.
Kemajuan teknologi telah menjadi multiplier bagi perkembangan ilmu di berbagai bidang. Kreatifitaspun seolah nampak tanpa batas. Di bidang arsitektur, misalnya, bangunan-bangunan dengan estetika yang menawan bermunculan. Akan tetapi, seringkali ditemui bahwa dalam sebuah rancangan ditemukan ruang/ sektor yang hilang (di luar bangunan), dengan alasan keindahan (untuk taman, misalnya). Untuk mengetahui apakah sebuah sektor dalam bangunan hilang atau tidak, dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Langkah 1: petakan bangunan menjadi 9 petak (3x3). Langkah 2: perhatikan apakah ada petak yang berlubang (bolong, di luar bangunan). Langkah 3: jika yang hilang masih kurang dari 1/3, maka dapat dikatakan bukan sektor yang hilang. Namun jika lebih dari 1/3, maka dapat dikatakan sektor tersebut hilang. Dampak dari hilangnya sebuah sektor pada sebuah bangunan (rumah), dapat dibaca dengan melihat trigram yang hilang tersebut. 


52. Chien
Merupakan salah satu trigram yang melambangkan beberapa hal. Posisi: Barat Laut, simbol: Langit (heaven), anggota keluarga: ayah, suami, presiden, raja; organ/anggota tubuh: kepala, paru-paru. Jika sebuah rumah, sektor Barat Laut bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini, maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan. 


53. Tui
Merupakan salah satu trigram yang melambangkan beberapa hal. Posisi: Barat, simbol: Danau (lake), anggota keluarga: anak perempuan bungsu, gadis; organ/anggota tubuh: mulut, gigi, dada, lidah. Jika sebuah rumah, sektor Barat bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/ organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini, maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan. 


54. Kan
Merupakan trigram yang mewakili: posisi Utara, simbol: Air (water), anggota keluarga: anak laki-laki tengah, pria berusia setengah baya; organ/anggota tubuh: telinga, darah, ginjal. Jika sebuah rumah, sektor Utara bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini, maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan. 


55. Chen
Merupakan trigram yang mewakili: posisi Timur, simbol: Petir, anggota keluarga: anak laki-laki sulung; organ/ anggota tubuh: kaki. Jika sebuah rumah, sektor Timur bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/ organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini (dalam trigram ini adalah anak laki-laki sulung), maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan, jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. 


56. Ken
Merupakan trigram yang mewakili: posisi Timur Laut, simbol: Gunung, anggota keluarga: anak laki-laki bungsu; organ/anggota tubuh: tangan, jari. Jika sebuah rumah, sektor Timur Laut bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/ organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini (dalam trigram ini adalah anak laki-laki bungsu), maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh buruk yang berarti.


57. Li
Merupakan trigram yang mewakili: posisi Selatan, simbol: Api, anggota keluarga: anak perempuan tengah, wanita usia pertengahan; organ/anggota tubuh: hati (liver), mata. Jika sebuah rumah, sektor Timur bermasalah (sektor hilang, terkena sha qi), maka kemungkinan besar masalah akan banyak dihadapi oleh anggota keluarga/ organ tubuh tersebut. Jika dalam rumah tersebut tidak ada anggota yang dilambangkan oleh trigram ini (dalam trigram ini adalah anak perempuan tengah), maka sektor hilang ataupun sha qi tidak memiliki pengaruh negatif yang signifikan. 


58. Bintang Tepat Waktu (timely)
Bintang terbang dikatakan tepat waktu (timely) jika bintang tersebut berada pada periode yang tepat. Misalnya, sekarang ini periode 8 (2024-2043), maka bintang terbang yang tepat waktu adalah bintang 8, 9, dan 1. Bintang yang tepat waktu adalah bintang yang baik, sekalipun itu bintang 5 (Lian Zhen Xing). 


59. Bintang Terpenjara (Star Imprisonment)
Sebuah bagan geomancy bintang terbang masuk dalam kategori bintang terpenjara, adalah jika bintang tepat waktu berada di sektor tengah sebuah bangunan. Jika yang terpenjara adalah bintang gunung (water star), maka penghuni akan menghadapi masalah kesehatan dan keharmonisan rumah tangga. Sementara jika bintang air yang terpenjara, maka penghuni berpotensi kehilangan uang/ gagal berbisnis. 


60. Elemen Trigram
Selain memiliki simbol seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, trigram juga mewakili elemen/unsur dalam konstalasi wu xing (lima emelen). Adapun elemen untuk tiap trigram tersebut adalah: Chien: posisi Barat Laut, berelemen Logam; Chen: Timur, Kayu; Kan: Utara, Air; Ken: Timur Laut, Tanah; Kun: Barat Daya, Tanah; Sun: Tenggara, Kayu; Li: Selatan, Api; dan Tui: Barat, Logam. Inilah yang menjadi dasar logis dari penataan ruang sebuah bangunan berdasarkan feng shui. Misalnya, dapur/kompor sebaiknya tidak diletakkan di sektor Barat Laut (Chien), dikarenakan Barat Laut memiliki elemen Logam, sementara dalam siklus destruktif, Logam dihancurkan oleh Api (kompor). 


61. Duplicating Water Star Reversed (Bintang Air Duplikat Terbalik)
Duplikasi bintang air berkebalikan dengan kotak Luo Shu, artinya, di Tengah ada bintang 5, Barat Laut-4, Barat-3, Timur Laut-2, Selatan-1, Utara-9, Barat Daya-8, Timur-7, dan Tenggara-6. Karena bintang air, merupakan bintang yang berpengaruh pada kemakmuran seseorang, maka bagan bintang terbang yang masuk kategori ini (selalu memiliki bintang 5 di tengah), akan mengakibatkan penghuninya mengalami kegagalan berbisnis dan pada akhirnya berbuntut pada kesulitan keuangan. Terlebih buruk lagi setelah tahun 2004. Rumah yang masuk dalam kategori ini, adalah rumah yang dibangun antara Februari 1984- Februari 2004, dan yang menghadap Timur 1 dan 2 (67,5 sampai 97,5 derajat). 


62. Air
Air secara fisik berupa kolam, air mancur, danau, akuarium, sungai. Namun dalam terminologi feng shui bintang terbang, air memiliki manifestasi yang lebih luas, yaitu: jalan, tempat parkir mobil, halte bus/kendaraan umum lainnya, titik menurunkan/menaikkan penumpang (di mall/ gedung perkantoran). Air ini diperlukan khususnya bagi pintu masuk ke rumah, guna mengaktifkan bintang air yang tepat waktu. Bintang air tepat waktu yang tidak diaktifkan, tidak akan memberikan pengaruh positif bagi penghuninya. 


63. Gunung
Di daerah pedesaan, gunung secara fisik masih bisa ditemukan dengan mudah. Dalam feng shui bintang terbang yang banyak diaplikasikan untuk perumahan modern di perkotaan, gunung diwakili oleh bangunan yang besar dan tinggi, pohon yang besar, pagar/gerbang yang kokoh. Untuk sektor yang memiliki bintang gunung yang tepat waktu, gunung mutlak diperlukan supaya energinya tidak rusak. Bintang gunung yang tepat waktu tidak boleh terkena air. Dengan demikian, di dekat kamar tidur (yang memiliki bintang gunung tepat waktu) tidak boleh ditempatkan kolam air mancur, akuarium berfilter keras. 


64. Water Star Combination of 10
Adalah sebuah kombinasi bagan bintang terbang, dimana bintang duduk dan bintang air setiap sektor dalam sebuah bangunan, berjumlah 10. Rumah Li, yang menghadap Utara dan dibangun pada periode 7 (seperti pada bagan pembahasan edisi 9/11/2008), masuk dalam kategori ini. Jenis kombinasi ini akan memberikan peningkatan kemakmuran (keberuntungan finansial) bagi penghuninya. Syarat berlakunya kombinasi ini adalah bangunan berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang sempurna. Adanya missing sector akan menyebabkan ketidakseimbangan energi, sehingga kombinasi ini menjadi tidak relevan lagi. 


65. Mountain Star Combination of 10
Adalah sebuah kombinasi bagan bintang terbang, dimana bintang duduk dan bintang gunung setiap sektor dalam sebuah bangunan, berjumlah 10. Rumah Ken, yang menghadap Barat Daya dan dibangun pada periode 8 masuk dalam kategori ini. Jenis kombinasi ini akan memberikan peningkatan kesehatan, keharmonisan, dan kehidupan sosial bagi penghuninya. Syarat berlakunya kombinasi ini adalah bangunan berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang sempurna. Adanya missing sector akan menyebabkan ketidakseimbangan energi, sehingga kombinasi ini menjadi tidak relevan lagi. 


66. Arah Hadap dengan Combination of 10
Dalam satu siklus energi, yaitu 9 periode x 20 tahun/ periode = 180 tahun, ada 24 peluang terjadinya kombinasi 10. Peluang tersebut adalah: bangunan periode 1: hadap Tenggara 2/3 dan Barat Laut 2/3; periode 2: hadap Barat Daya 1 dan Timur Laut 1; periode 3: hadap Utara 2/3 dan Selatan 2/3; periode 4: hadap Barat 1 dan Timur 1; periode 6: hadap Barat 1 dan Timur 1; periode 7: hadap Utara 2/3 dan Selatan 2/3; periode 8: hadap Barat Daya 1, dan Timur Laut 1; periode 9: hadap Tenggara 2/3 dan Barat Laut 2/3. 


67. Feng Shui Bentuk (Form Feng Shui)
Merupakan aliran feng shui yang mengatur tata ruang sebuah bangunan berdasarkan posisi relatif dua buah obyek atau lebih, untuk mendapatkan energi yang mendukung/positif. Misalnya, kamar tidur tidak boleh berada di atas dapur (terlebih kompor), pintu utama jangan tertusuk jalan (T-Junction), pintu depan dan pintu belakang tidak boleh segaris dan berhadapan langsung, meja kerja/ tempat tidur tidak boleh membelakangi sudut tembok, kamar tidur tidak boleh berada di atas garasi, dan lain lain. Feng shui bentuk ini lebih popular di masyarakat luas, karena dipandang lebih sederhana, logis dan mudah diterapkan. 


68. Feng Shui Kompas/Arah (Compass Feng Shui)
Merupakan aliran feng shui yang memetakan energi sebuah bangunan, berdasarkan arah hadap dan usia bangunan tersebut. Analisis yang dihasilkan oleh feng shui kompas ini lebih tajam sekaligus lebih rumit dibandingkan dengan feng shui bentuk. Hal inilah yang menyebabkan lebih sedikit orang yang mengetahuinya. Feng shui bintang terbang (xuan kong flying star), delapan rumah (eight mansions), water theory, merupakan teori feng shui berdasarkan arah. Kedua jenis aliran feng shui ini, dimunculkan untuk saling melengkapi. Jika dianalogkan dengan komputer, maka feng shui bentuk adalah hardware, sementara feng shui kompas adalah softwarenya. Untuk mendapatkan performance yang lebih sempurna, sebuah komputer harus memiliki hardware dan software yang kompatibel dan baik. Dengan demikian, menata feng shui rumah yang hanya berpedoman pada feng shui bentuk, tidaklah cukup. 


69. Nama Bintang Terbang
Bintang 1: Greedy Wolf, bintang 2: Great Gate, bintang 3: Salary, bintang 4: Literature, bintang 5: purity, bintang 6: Warrior, bintang 7: Broken Army, bintang 8: Left Assistant, bintang 9: Right Assistant.



Baca juga:

Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 1) - Klik Disini





Sumber: Merdeka.


Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 2) Kumpulan Istilah Umum Dalam Feng Shui (Bagian 2) Reviewed by Astroshiopedia on April 20, 2015 Rating: 5

No comments

Post AD